Demam berdarah dan penanggulangannya

Jelaskan tentang penyakit demam berdarah dan penanggulangannya?

Penyakit demam berdarah disebut juga DBD singkatan dari demam berdarah dengue.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue. Virus ini tidak bisa menular langsung dari satu Manusia ke manusia lainnya tapi harus melewati perantaraan gigitan nyamuk aedes. Ada dua jenis nyamuk aedes yang menjadi perantara penularan virus dengue yaitu aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Ciri utama penyakit dengki adalah demam yang disertai bintik merah. Sebagian besar penderita dengue hanya mengalami gejala ringan, dan sembuh sempurna Setelah beberapa hari tanpa gejala sisa atau cacat apapun.

Tapi pada sebagian kecil kasus dapat timbul krisis yang ditandai dengan perdarahan hebat dan turunnya tekanan darah. Jika kondisi ini tidak diatasi dan ditangani dengan baik dapat berakibat kematian penderita.

Sampai saat ini belum ditemukan obat khusus untuk membunuh virus dengue. Walaupun demikian virus akan hilang dengan sendirinya setelah kurang lebih 10 hari akibat daya tahan tubuh manusia sendiri.

Cara penanganan atau penanggulangan penyakit dengue antara lain adalah:

Pemberian obat anti demam dan anti nyeri seperti Paracetamol untuk mengurangi gejala yang dialami oleh penderita.

Jika tekanan darah turun dan cairan tubuh berkurang maka diberikan cairan baik melewati mulut maupun lewat infus.

Jika terjadi perdarahan hebat dapat dilakukan transfusi darah. Transfusi ada dua jenis yaitu transfusi darah lengkap atau transfusi trombosit. Dokter biasanya akan memilih salah satunya yang cocok dengan kondisi pasien.

Jika pasien demam berdarah dengue Dapat melewati masa kritis dengan baik maka dia akan sembuh dalam beberapa hari dan biasanya dapat segera pulang dari rumah sakit.

Demikian penjelasan penyakit demam berdarah dan penanggulangannya, semoga bermanfaat.