Ciri-ciri penyakit chikungunya dan pengobatannya ampuh

Apa saja ciri-ciri penyakit chikungunya dan pengobatannya?

Gejala atau ciri-ciri penyakit chikungunya antara lain adalah demam dan nyeri sendi yang muncul sekitar 3-7 hari pasca tergigit nyamuk yang terinfeksi.

Ciri-ciri penyakit chikungunya lainnya yaitu sakit kepala, nyeri otot, sendi bengkak, dan muncul bintik merah di sekujur tubuh.

Penyakit chikungunya biasanya tidak berbahaya tapi menimbulkan gejala yang sangat berat dan menyiksa.

Sebagian besar penderita akan membaik dalam waktu seminggu tetapi sebagian lainnya akan mengalami keluhan pada persendian selama berbulan-bulan.

Ciri-ciri chikungunya pada anak biasanya lebih berat. Demikian pula pada orang orang tua dan orang-orang yang memiliki penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung.

Sekali pernah terinfeksi biasanya akan terlindungi seumur hidupnya terhadap penyakit chikungunya pada waktu yang lain.

Pengobatan chikungunya yang ampuh

Sampai saat ini belum ditemukan obat yang dapat membunuh virus chikungunya secara langsung. Bentuknya virus ini akan habis dengan sendirinya oleh daya tahan tubuh.

Oleh karena itu selama sakit penderita harus banyak istirahat, minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi, tetap makan makanan yang bergizi.

Obat-obatan yang dapat dikonsumsi antara lain adalah Paracetamol untuk mengurangi rasa nyeri dan demam. Jika tidak ada bukti infeksi bakteri maka antibiotik tidak dianjurkan. Kadang-kadang dokter juga menggunakan obat seperti Ibuprofen tapi harus digunakan hati-hati karena dapat memicu perdarahan.