ARTI TRIMESTER KEHAMILAN

Secara umum arti trimester adalah suatu periode tertentu yang dibagi tiga.

Istilah trimester berbeda dengan semester walaupun kedengarannya hampir mirip.

Istilah semester sering digunakan di bidang pendidikan, dimaknai sebagai suatu periode tertentu dibagi dua. Masa pendidikan dihitung per tahun. Jika masa satu tahun dibagi 2 maka satu semester adalah 6 bulan.

Kembali ke trimester …

Cara menghitung trimester kehamilan yaitu satu periode kehamilan adalah 9 bulan. Jika periode ini dibagi menjadi 3 maka hasilnya adalah 3 bulan.

Oleh karena itu arti trimester kehamilan adalah periode 3 bulan masa kehamilan. Periode tersebut terbagi menjadi tiga yaitu trimester 1, trimester 2, dan trimester 3.

Trimester 1 atau trimester pertama berlangsung dari kehamilan 0 bulan sampai 3 bulan.

Trimester 2 atau trimester kedua berlangsung dari kehamilan 4 bulan sampai 6 bulan.

Trimester 3 atau trimester ketiga berlangsung dari kehamilan tujuh bulan hingga melahirkan, normalnya di usia kandungan 9 bulan.

Tujuan trimester adalah untuk mempermudah praktisi medis mengikuti perkembangan janin di dalam kandungan.

Berikut perkembangan janin trimester 1 sampai 3 …

Fase kehamilan Trimester Pertama, janin baru mulai bertumbuh.

Bulan Pertama

Pada awal bulan pertama terbentuk cairan ketuban yang mengelilingi telur yang sudah dibuahi. Fungsi cairan ini salah satunya adalah menjadi bantalan bagi janin selama perkembangannya.

Plasenta atau ari-ari juga mulai berkembang. Plasenta melekat pada dinding rahim berbentuk lingkaran datar yang berfungsi memberi makanan kepada janin dan mengeluarkan sampah metabolisme dari janin.

Cikal bakal wajah mulai terbentuk dan ada lingkaran hitam yang akan berkembang menjadi mata. Mulut, rahang bawah, dan tenggorokan mulai berkembang.

Sel darah juga mulai ada dan sistem peredaran darah mulai bekerja.

Ukuran janin pada akhir bulan pertama adalah sekitar 6 sampai 7 mm, atau sebesar butiran beras.

Bulan Kedua

Wajah janin terus berkembang. Terdapat lipatan kecil pada sisi kanan dan kiri kepala yang akan membentuk telinga. Juga mulai muncul benjolan kecil yang akan berkembang menjadi tangan dan kaki. Jari-jari tangan dan jari-jari kaki serta mata mulai terbentuk.

Pipa saraf yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang berkembang dengan baik. Demikian pula sistem sensoris dan sistem pencernaan. Tulang jugamulaiggantikan tulang rawan.

Salah satu hal yang paling penting yang terjadi pada bulan kedua adalah janin mulai bergerak.

Ukuran janin pada akhir bulan kedua ini sekitar 2,5 cm.

Bulan Ketiga

Perkembangan tungkai meliputi lengan, jari tangan, kaki, dan jari-jari kaki sudah lengkap. Begitu pula kuku dan daun telinga. Gigi juga mulai tumbuh. Sistem reproduksi sudah berkembang tapi masih sulit ditentukan jenis kelaminnya dengan pemeriksaan USG.

Sistem peredaran darah dan sistem produksi air seni juga mulai bekerja. Sel-sel hati sudah memproduksi empedu. Pada akhir bulan ketiga ukuran janin sekitar 7,5 cm sampai 10 cm.

Fase kehamilan Trimester Kedua

Bulan keempat

Pada bulan keempat jari tangan dan jari kaki sudah berkembang dengan sempurna. Demikian pula dengan bulu mata, kuku, gigi, dan tulang. Bayi juga dapat mengisap ibu jari kakinya meregangkan tubuh, menguap, atau tersenyum.

Sistem saraf sudah berfungsi sepenuhnya. Demikian pula sistem reproduksi sudah berkembang sempurna termasuk alat genetalia luar. Sehingga dokter dapat melihat alat genetalia bayi apakah laki-laki atau perempuan melalui pemeriksaan USG.

Denyut jantung janin juga sudah dapat didengar menggunakan alat yang disebut Doppler.

Panjang janin pada akhir bulan keempat sekitar 15 cm.

Bulan kelima

Rambut di kepala bayi mulai tumbuh. Bagian badan terutama baru juga ditumbuhi rambut-rambut halus yang disebut lanugo.

Ibu biasanya sudah dapat merasakan gerakan janin karena otot-otot janin sudah berkembang dengan baik dan janin melatihnya dengan menggerak-gerakkannya.

Panjang bayi pada bulan kelima sekitar 25 cm.

Bulan keenam

Sidik pada jari tangan dan jari kaki mulai terbentuk dan kelopak mata mulai terpisah sehingga janin sudah dapat membuka mata. Janin juga berespon terhadap suara yaitu dengan meningkatnya denyut nadi janin. Ibu juga dapat merasakan Seandainya janin cegukan.

Panjang janin sekitar 30 cm.

Perkembangan Janin Pada Trimester Ketiga

Bulan ketujuh

Pada bulan ke 7 mulai muncul timbunan lemak pada tubuh janin. Pendengaran janin juga sudah berkembang dengan sempurna. Janin dapat berhadapan dengan baik terhadap rangsangan suara, nyeri, atau cahaya.
Panjang bayi pada bulan ke-7 yaitu sekitar 36 cm.

Bulan Kedelapan

Bayi terus mengalami pematangan. Timbunan lemak semakin banyak. Bayi juga semakin kuat bergerak dan menendang. Otak sudah berfungsi dengan baik sehingga bayi sudah dapat melihat dan mendengar. Sebagian besar organ tubuh bagian dalam sudah berfungsi dengan baik kecuali paru-paru yang masih belum matang.

Panjang bayi pada bulan ke-8 sudah mencapai 46 cm.

Bulan Kesembilan

Pada bulan ke-9 perkembangan dan pematangan bayi semakin bagus. Paru-parunya juga mendekati sudah hampir sempurna. Gerakan refleks bayi mulai terkoordinasi dengan baik. Bayi mulai dapat mengedipkan mata, memejamkan mata, menggeleng, dan mengepalkan tangan dengan kuat.

Menjelang akhir bulan ke-9 bayi akan mengubah posisinya sehingga kepalanya berada di bawah. Panjang bayi pada akhir bulan ke-9 sekitar 49 sampai 51 cm.