Penyakit Demam Chikungunya

Penyakit chikungunya adalah penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk dengan gejala utama demam tiba-tiba dan nyeri sendi yang berat. Gejala lain penyakit chikungunya antara lain kelelahan, sakit otot, sakit kepala, dan muncul bintik merah di sekujur tubuh. Gejala chikungunya tersebut di atas biasanya muncul setelah 2 sampai 7 hari pasca digigit nyamuk yang didalam tubuhnya ada virus chikungunya.

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit chikungunya. Juga belum ada antivirus khusus yang bisa membunuh virus chikungunya secara langsung. Untungnya Penyakit ini sembuh sendiri setelah beberapa hari dan jarang sekali menimbulkan komplikasi yang serius. Pengobatan chikungunya biasanya Hanya berupa istirahat cairan dan obat-obatan penurun demam dan pereda nyeri seperti Paracetamol atau ibuprofen. Obat-obat tersebut bertujuan untuk meringankan gejala penyakit chikungunya.

Sebagian besar orang akan sembuh sempurna dari penyakit chikungunya setelah 3 sampai 10 hari menderita Penyakit ini. Tapi pada beberapa orang yang kurang beruntung, nyeri sendi bisa berlangsung berbulan-bulan atau bahkan tahunan. Kematian sangat jarang terjadi tapi kadang-kadang virus menyebabkan masalah serius terutama pada orang-orang yang mempunyai penyakit kronis seperti diabetes melitus atau penyakit jantung.

Orang yang sudah pernah terinfeksi penyakit chikungunya akan kebal terhadap penyakit ini pada infeksi berikutnya.

Jika anda sedang bepergian ke daerah yang banyak muncul penyakit chikungunya maka berhati-hatilah. Penyakit chikungunya tidak ditularkan secara langsung dari satu orang ke orang lain tetapi melalui perantara nyamuk. Oleh karena itu tindakan pencegahan berupa menghindari gigitan nyamuk baik menggunakan kelambu maupun lotion anti nyamuk sangat penting. Selain itu gunakan baju yang panjang sehingga menutupi sebagian besar tubuh, dengan demikian mengurangi kemungkinan nyamuk untuk menggigit.