OPERASI PLASTIK KARENA LUKA BAKAR

Kebanyakan pasien yang mengalami luka bakar biasanya menginginkan hal yang sama, yaitu menyembuhkan luka bakar serta terbebas dari rasa sakit dan bekas luka. Karenanya, banyak diantara mereka memilih untuk menjalani operasi plastik karena dapat menghilangkan bekas luka tersebut dengan cepat.

Operasi Plastik Karena Luka Bakar

Untuk luka bakar yang relatif sedikit atau dengan luka minimal, Anda cukup mengobatinya dengan obat penghilang rasa sakit dan salep untuk mengurangi peradangan. Sedangkan bagi Anda yang mengalami luka bakar yang lebih berat atau serius, pengobatan dengan cara tersebut mungkin akan memakan waktu yang lama. Pasien yang memiliki luka bakar lebih dari 30 persen pada permukaan tubuhnya, pemulihan penuh mungkin dapat memakan waktu hingga dua tahun.

Luka bakar dapat disembuhkan dengan mangganti lapisan kulit yang rusak dengan cara melakukan operasi pencangkokan kulit. Namun, operasi ini dapat meninggalkan bekas luka atau jaringan parut di kulit. Karenanya, Anda membutuhkan operasi tambahan untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Ada berbagai jenis operasi yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas luka, setidaknya untuk mengontrol dan mengurangi pembentukan parut atau bekas luka. Operasi plastik yang dapat dilakukan tergantung kepada setiap jenis luka bakar yang Anda alami.

Laser scar removal adalah operasi yang dilakukan untuk mengurangi atau merevisi bekas luka dengan menggunakan laser. Operasi plastik ini, akan membuat luka bakar terlihat lebih halus, rata, serta warna bekas luka pun merata dengan warna kulit normal Anda. Z-Plasty adalah prosedur revisi bekas luka dimana sayatan yang dibuat berbentuk Z. Operasi ini digunakan untuk mengurangi tarikan kulit atau lipatan kulit yang terjadi karena mengalami luka bakar. Dermabrasi adalah prosedur operasi yang digunakan untuk meratakan lapisan luka, sehingga bentuknya menjadi lebih baik dan bekas luka pun dan hilang dari waktu ke waktu. Jenis operasi lainnya adalah dengan menggunakan Ultarsonik atau microwave heating. Pemanasan dengan menggunakan sinar ultrasonik digunakan untuk melembutkan parut, melonggarkan sendi yang kaku, serta mengurangi tarikan kulit yang diakibatkan oleh luka bakar.

Artikel operasi plastik akibat luka bakar, operasi plastik karena luka bakar