NILAI NORMAL HBA1C PADA PENDERITA DIABETES

Apa tujuan atau fungsi pemeriksaan hba1c?

Tujuan pemeriksaan hba1c adalah untuk mengetahui kadar gula darah rata-rata dalam 2 sampai 3 bulan terakhir. Pemeriksaan ini biasanya dikombinasikan dengan pemeriksaan gula darah sewaktu. Kadang-kadang pemeriksaan gula darah sewaktu memberikan hasil normal tapi hba1c memberikan hasil tinggi, maka maknanya 2 sampai 3 bulan terakhir kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik meskipun pemeriksaan gula darah sewaktu normall.

Apa kepanjangan dari hba1c?

Hba1c merupakan singkatan dari hemoglobin a1c. Hemoglobin adalah protein yang ditemukan di dalam sel darah merah. Protein hemoglobin inilah yang memberikan warna merah pada sel darah dan mempunyai fungsi sangat penting yaitu mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
Bagaimana cara kerja pemeriksaan hba1c?
Cara kerja uji hba1c adalah dengan cara mendeteksi Glukosa yang berikatan dengan hemoglobin. Jadi setiap terjadi pembentukan glukosa maka glukosa tersebut sebagian akan berikatan dengan hemoglobin. Semakin banyak Glukosa yang terbentuk maka semakin banyak ikatan.

Karena sel darah merah umurnya sekitar 3 bulan maka kadar glukosa darah yang berikatan dengan hemoglobin juga ikut terdeteksi dalam 3 bulan terakhir.

Berapa nilai normal hba1c?

Nilai hba1c pada orang yang tidak menderita diabetes berkisar antara 4% sampai dengan 5,6%. Jika dari hasil pemeriksaan kadar hba1c ada diantara nilai 5,7% sampai dengan 6,4% maka seseorang mempunyai resiko tinggi untuk menderita diabetes. Sedangkan jika kadar hba1c lebih tinggi dari pada 6,5% maka dapat dikatakan bahwa orang tersebut menderita diabetes.

Sebagai alat kontrol pada penderita diabetes maka yang menjadi target adalah nilai hba1c di bawah 7%.

Jika kadar hba1c terus-menerus tinggi maka besar kemungkinan akan muncul komplikasi penyakit diabetes.

Cara untuk menurunkan nilai hba1c adalah dengan cara mengatur pola makan, olahraga teratur, dan konsumsi obat-obatan sesuai dengan anjuran dokter.

Penderita diabetes dianjurkan untuk memeriksakan kadar hba1c setiap 3 bulan untuk. Tujuannya adalah untuk meyakinkan bahwa gula darah dalam 3 bulan terakhir terkontrol dengan baik. Jika gula darah terkontrol dengan baik maka hb1c bisa dilakukan lebih jarang. Tapi sebaiknya dilakukan dua kali dalam setahun.