PENGERTIAN KRIOTERAPI

Selama ini kita pasti tahu bahwa terapi atau pengobatan itu menggunakan obat atau pembedahan. Tetapi di dunia medis, juga dikenal terapi dengan menggunakan suhu dingin. Nama pengobatannya disebut krioterapi.

Pengertian Krioterapi

Istilah ‘krioterapi’ berasal dari bahasa Yunani, terdiri dari dua kata yaitu cryo (κρύο) dan therapy (θεραπεία). Cryo terjemahannya dingin sedangkan therapy terjemahannya pengobatan. Jadi pengertian krioterapi adalah pengobatan penyakit dengan menggunakan suhu dingin.

Suhu dingin pada krioterapi diperoleh dari nitrogen cair atau es kering (dry ice). Cara penggunaannya adalah dengan menyentuhkan bahan tersebut ke bagian tubuh yang ingin diobati.

Tujuan pengobatan krioterapi adalah untuk membunuh sel-sel yang berpotensi menjadi ganas. Akibat adanya suhu yang sangat dingin, sel-sel yang dipapar akan mati dan tidak akan berkembang biak lagi menjadi kanker yang mematikan.

Penggunaan krioterapi dapat digunakan di permukaan kulit atau mukosa, dapat juga digunakan di dalam tubuh. Salah satu penyakit yang sering diobati dengan krioterapi adalah penyakit kanker serviks stadium dini. Pada stadium awal, kelainan pada kanker serviks hanyalah sedikit sel-sel yang tampak abnormal dibawah mikroskop. Jika sel-sel tersebut dibiarkan, sel akan berkembang biak dengan pesat tanpa berhenti dan mendesak sel-sel normal disekitarnya. Tak hanya itu, sel-sel kanker tersebut dapat menyebar ke bagian lain tubuh.

Oleh karena itu, jika segera diobati maka sel-sel keburu terbasmi sebelum menjadi keganasan atau kanker.

Demikian artikel pengertian krioterapi. Pada kesempatan lain kita akan bahas mengenai prosedur krioterapi, efek samping krioterapi, dan biaya krioterapi.

Terima kasih.