GEJALA KANKER SERVIKS STADIUM 3

Kanker serviks adalah kanker yang banyak membunuh kaum wanita. Penyebab kanker ini adalah infeksi virus HPV. Sebenarnya kanker ini dapat dicegah jika ditemukan secara dini sebelum berubah menjadi ganas dan merajalela kemana-mana.

Arti stadium 3 pada kanker serviks yaitu kanker sudah pada tahap yang mengkhawatirkan dan sudah sangat sulit pengobatannya.

Kanker serviks stadium 3 dibagi kedalam dua kategori yaitu stadium 3A dan stadium 3B. Kanker pada stadium 3A sudah menyebar tapi penyebarannya terbatas sedangkan kanker pada stadium 3B sudah menyebar ke area panggul dan sekitarnya termasuk ke organ-organ lain seperti usus dan kandung kemih.

Adapun gejala kanker serviks stadium 3 antara lain adalah:

Perdarahan dari Jalan lahir yang tidak normal

Perdarahan tersebut Biasanya berupa perdarahan pada saat melakukan hubungan dengan suami, perdarahan diluar masa haid, data tiba-tiba muncul perdarahan padahal sudah menopause.

Keputihan yang berlebihan

Keputihan pada kanker serviks biasanya Tidak seperti keputihan pada umumnya. Keputihan tersebut warnanya sudah berubah begitupun kekentalannya. Kadang-kadang muncul bau tidak sedap dari keputihan tersebut.

Muncul rasa nyeri saat melakukan hubungan

Tidak semua rasa nyeri saat melakukan hubungan adalah kanker serviks, tapi jika rasa nyeri tersebut terus-menerus saja terjadi dan diiringi adanya perdarahan serta keputihan maka kecurigaan terhadap kanker serviks semakin besar. Jika mengalami hal demikian silakan konsultasi ke dokter.

Lebih sering kencing

Penyebaran kanker serviks ke kandung kencing menyebabkan penderitanya lebih sering kencing. Kadang-kadang kencingnya disertai rasa sakit. Penyebaran kanker juga memudahkan munculnya infeksi saluran kencing.

Mudah capek dan lelah

Sel kanker akan memproduksi suatu senyawa yang mempengaruhi kondisi tubuh sehingga tubuh mudah lelah dan capek. Selain itu terjadinya perdarahan dan adanya infeksi tumpangan juga menyebabkan munculnya rasa loyo dan lelah.

Nafsu makan berkurang drastis dan berat badan turun

Sel kanker yang menyebar ke seluruh tubuh juga mempengaruhi nafsu makan. Nafsu makan menurun atau menghilang sehingga asupan ke dalam tubuh menjadi sangat berkurang. Karena tubuh kekurangan gizi maka berat badan akan ikut turun.

Pembengkakan pada salah satu atau kedua kaki

Sel kanker menyebar ke berbagai tempat dan menekan struktur pembuluh darah atau pembuluh getah bening. Jika terjadi hal ini maka aliran darah dan getah bening akan terhambat sehingga kaki akan membengkak.

Susah buang air besar

Kondisi susah buang air besar terjadi karena usus besar sudah diinvasi oleh sel kanker. Akibatnya usus besar terganggu fungsinya untuk mengeluarkan kotoran atau tinja.

Kencing berdarah

Kerusakan dinding saluran kencing atau kandung kencing menyebabkan perdarahan ke dalam air kencing yang ditampungnya. Pada saat air tersebut keluar dalam bentuk kencing maka akan terlihat bercampur dengan darah.

Keluar tinja dari V

Sel kanker dapat merusak dinding usus sehingga terjadi kebocoran dan tembus ke dalam V. Akibatnya tinja akan keluar melalui kebocoran tersebut dan masuk ke dalam V.

Jika sudah muncul gejala kanker serviks stadium lanjut ini maka pengobatan sudah sangat sulit dan angka harapan sembuh juga semakin kecil. Oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan pap smear atau Iva test sehingga potensi kanker serviks dapat ditemukan lebih dini dan dapat dihabisi sebelum berubah menjadi monster ganas.