FUNGSI HORMON INSULIN DI DALAM TUBUH

Insulin adalah hormon yang memainkan peranan penting di dalam tubuh manusia. Fungsi hormon insulin adalah untuk mengatur kadar glukosa di dalam darah. Jika hormon insulin kurang atau bentuknya cacat maka dapat menyebabkan penyakit kencing manis atau diabetes.

Fungsi hormon insulin juga sangat penting dalam mengontrol penyimpanan lemak di bawah kulit contohnya pada perut dan lengan.

Fungsi insulin yaitu membantu mengontrol kadar glukosa di dalam darah dengan cara memberikan sinyal kepada sel hati, sel otot, dan sel lemak untuk mengambil glukosa dari dalam darah.

Dengan kata lain fungsi insulin adalah membantu sel untuk memasukkan glukosa dari dalam darah ke dalam sel sehingga sel dapat menggunakannya sebagai sumber energi.

Jika tubuh sudah mendapatkan energi yang cukup maka insulin akan mendorong sel hati untuk mengambil glukosa dalam darah dan menyimpannya dalam bentuk glikogen. Sel hati dapat menyimpan sekitar 5% dari total jumlah glikogen yang ada di dalam tubuh. Glikogen ini berfungsi sebagai cadangan energi jika sewaktu-waktu tubuh kekurangan energi.

Hormon insulin diproduksi oleh sel pankreas atau kelenjar ludah perut. Hormon ini dilepaskan oleh sel pankreas dalam jumlah sesuai kebutuhan tubuh. Oleh karena itu hormon akan meningkat jumlahnya setelah kita makan karbohidrat atau tepung-tepungan.

Jika sel pankreas mengalami kerusakan sehingga tidak bisa memproduksi hormon insulin Maka akan muncul penyakit yang disebut diabetes Tipe 1. Pada diabetes Tipe 1 penderita biasanya memerlukan suntikan insulin seumur hidupnya.

Kadang-kadang hormon insulin yang diproduksi jumlahnya cukup tapi tubuh tidak berespon terhadap hormon tersebut. Kondisi ini disebut resistensi insulin. Penyakit yang disebabkannya disebut diabetes tipe 2. Pada penyakit ini biasanya diberikan obat-obatan yang merangsang sel pankreas untuk memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup. Jika masih tidak memadai maka dapat diberikan suntikan hormon insulin buatan secara teratur.

Hormon insulin buatan untuk mengobati penderita diabetes Tipe 1 dan sebagian penderita diabetes tipe 2 diproduksi di laboratorium. Insulin ini sangat mirip dengan insulin yang ada pada manusia. Pemberian insulin buatan bisa dengan cara suntikan setiap kali akan makan atau sesaat sesudah makan. Bisa juga dengan cara menggunakan pompa insulin yang akan memompakan insulin dalam kadar tertentu secara terus-menerus sepanjang hari dan sepanjang malam.