PENULARAN DEMAM BERDARAH ANTAR MANUSIA

Bagaimana penularan demam berdarah antar manusia?

Penularan demam berdarah dengue antar manusia melalui gigitan nyamuk aedes baik Aedes aegypti maupun Aedes albopictus. Awalnya nyamuk akan menggigit manusia yang sakit DBD. Saat menghisap darah virus yang ada di tubuh penderita akan masuk terisap oleh nyamuk. Di dalam tubuh nyamuk virus akan berkembang biak dan memperbanyak diri. Lalu ketika nyamuk menggigit manusia lain yang sehat maka virus dalam tubuh nyamuk akan berpindah ke dalam tubuh manusi yang sehat tersebut. Akhirnya orang sehat itu turut menjadi sakit.

Selain itu virus dengue dapat diturunkan dari nyamuk aedes aegypti dewasa ke telur dan Larva serta nyamuk keturunannya. Jadi nyamuk aedes aegepty yang mendapat warisan virus dari nenek moyangnya jika menggigit manusia sehat manusia tersebut juga akan turut terinfeksi.

healthunitscom

Apa saja gejala DBD?

Gejala DBD baik pada anak maupun orang dewasa hampir sama yaitu antara lain adalah demam tinggi yang terjadi tiba-tiba, sakit kepala, nyeri di belakang mata, sendi-sendi sakit, otot nyeri, letih lesu, mual muntah, bintik merah di sekujur tubuh, dan kadang-kadang timbul perdarahan misalnya mimisan, perdarahan gusi, dan memar.

Apa saja gejala DBD yang ringan?
Jika daya tahan tubuh seseorang baik maka gejala DBD yang dideritanya biasanya ringan. Gejalanya mirip dengan penyakit flu atau penyakit virus lainnya yaitu badan agak meriang, kepala tidak nyaman, otot sakit dan lain-lain.


Apa yang disebut masa inkubasi dan berapa lama masa inkubasi DBD berlangsung?

Masa inkubasi adalah masa antara pertama kali virus masuk melalui gigitan nyamuk ke dalam tubuh sampai timbulnya gejala pertama kali. Masa inkubasi berbeda-beda setiap orang tapi umumnya dalam kisaran 3 sampai 15 hari. Bahasa Inggris pasif yang paling sering adalah 5 sampai 8 hari.

Bagaimana cara pengobatan DBD?

Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk membunuh virus dengue. Oleh karena itu pengobatan biasanya bertujuan untuk mengatasi gejala yang muncul. Turunnya tekanan darah akibat keluarnya cairan dari pembuluh darah diatasi dengan minum-minuman cairan dalam jumlah banyak atau pemberian cairan melalui infus.

Sedangkan gejala nyeri dan gejala demam biasanya diatasi dengan pemberian Paracetamol atau obat anti inflamasi non steroid.

Jika terjadi perdarahan atau penderita tidak bisa minum atau makan maka sebaiknya dirawat di rumah sakit.


Berapa lama penyakit demam berdarah dengue berlangsung?

Virus dengue biasanya akan dilanjutkan oleh daya tahan tubuh dalam waktu sekitar 1 sampai 2 minggu.

Fase akut demam berdarah dengue yang ditandai oleh demam dan nyeri otot biasanya berlangsung 1 sampai 2 minggu. Sedangkan untuk boleh normal seperti sedia kala membutuhkan waktu beberapa minggu.

Bagaimana cara pencegahan penyakit DBD?

Sampai saat ini belum ada vaksin untuk mencegah penyakit DBD. Cara terbaik untuk mencegah penyakit DBD adalah mencegah tergigit oleh nyamuk yang terinfeksi. Caranya dengan melindungi tubuh dari gigitan nyamuk dan menurunkan populasi nyamuk.


Cara mencegah agar terhindar dari gigitan nyamuk yaitu Jika memungkinkan hindari tinggal di pemukiman padat dan kumuh, gunakan lotion anti nyamuk, jika keluar rumah menggunakan pakaian yang panjang dan menutup sebagian besar tubuh, usahakan angin angin menggunakan kawat nyamuk dan jika tidur menggunakan kelambu.


Sedangkan untuk menurunkan populasi nyamuk dapat dilakukan dengan gerakan 3M plus. Gerakan 3M plus yaitu menutup tempat-tempat air, menguras penampungan air minimal sekali seminggu, dan membuang sampah yang berserakan di sekitar rumah baik dengan cara mengubur atau membuang ke tempat pembuangan sampah resmi. Selain itu langkah-langkah untuk menurunkan populasi nyamuk yang lain adalah menggunakan bubuk abate dan memelihara ikan pemakan jentik.

Bintik merah pada DBD dan campak?

Bintik merah pada DBD berbeda dengan bintik merah pada campak. Bintik merah pada DBD jika ditekan tidak akan menghilang sedangkan bintik merah pada campak jika ditekan akan menghilang. Kenapa demikian?

Bintik merah DBD terjadi Akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit sehingga darah keluar dan menimbulkan bintik merah. Oleh karena itu jika ditekan maka bintik merah itu tetap akan ada.

Sedangkan bintik merah pada campak terjadi karena pelebaran pembuluh darah. Ketika ditekan maka darah yang ada di dalam pembuluh yang melebar akan bergeser sehingga warna merah menghilang.

Apakah bintik merah DBD gatal atau tidak?

Bintik merah pada penyakit DBD biasanya tidak gatal berbeda dengan bintik merah pada penyakit jamur yang rasa gatalnya luar biasa.

Apa ciri demam berdarah yang sudah parah?

Ciri demam berdarah yang sudah parah adalah penderitanya tampak sakit berat, muncul perdarahan di gusi atau mimisan atau dari saluran cerna, serta tekanan darah turun atau hipotensi. Kadang-kadang penderita merasa melayang-layang atau pingsan akibat tekanan darah yang terus turun dan kekurangan darah akibat perdarahan.

Apa yang dimaksud fase demam berdarah seperti pelana kuda?

Fluktuasi demam pada penyakit demam berdarah menyerupai fenomena pelana kuda. Maksudnya pada awalnya demam tinggi kemudian turun lalu demam kembali setelah itu memasuki masa penyembuhan. Demam pertama biasanya berlangsung satu sampai tiga hari. Lalu suhu tubuh akan turun pada hari ke-3 sampai kelima. Pada fase demam turun ini banyak yang salah paham menyiram penyakit demam berdarah sudah sembuh padahal sedang memasuki masa kritis. Pada saat ini dapat terjadi perdarahan hebat akibat berkurangnya trombosit (trombositopenia) atau turunnya tekanan darah. Jika tidak ditangani dengan baik dapat berakibat fatal bagi jiwa penderitanya.

Kapan fase kritis demam berdarah terjadi?

Kaset Tritis demam berdarah terjadi biasanya pada hari ketiga dan kelima saat suhu tubuh turun. Pada fase kritis Ini pembuluh darah akan mengalami kebocoran sehingga cairan dan darah keluar dalam jumlah yang banyak. Akibatnya tekanan darah turun drastis dan sangat berbahaya bagi organ-organ lainnya yang memerlukan pasokan darah dalam jumlah yang cukup misalnya otak ginjal hati jantung dan sebagainya.

Bagaimana cara melewati masa kritis DBD?

Cara melewati masa kritis DBD adalah pertama menjamin asupan cairan dalam jumlah yang cukup, baik dengan cara diminum langsung maupun lewat infus. Selain itu jika terjadi perdarahan hebat dapat dilakukan transfusi darah. Kadang-kadang transfusi darah hanya dalam bentuk transfusi trombosit saja untuk menjaga kadar trombosit tetap dalam batas normal.

Apa tanda-tanda demam berdarah mulai sembuh?

Tanda pertama adalah kondisi tubuh berangsur-angsur baik yang biasanya terjadi setelah hari ketujuh sejak demam pertama kali. Selain itu bintik merah atau perdarahan sudah mulai menghilang. Sudah mulai naik dan kadar trombosit juga berangsur normal. Syukur nya penyakit demam berdarah jika sembuh tidak akan menimbulkan gejala sisa. Penyakit ini biasanya sembuh dengan sempurna.

Mengapa kadar trombosit pada penderita DBD turun?

Virus DBD menyerang tempat produksi trombosit di sumsum tulang belakang. Oleh karena itu terjadi penurunan kadar trombosit yang disebut trombositopenia. Akibat turunnya kadar trombosit maka gampang terjadi perdarahan. Fungsi trombosit adalah sebagai sumbatan terhadap Pembuluh darah yang mengalami kebocoran.

Apa penyebab buang air besar hitam seperti aspal pada penderita DBD?

Tinja hitam seperti aspal dan berbau terjadi karena bercampurnya darah dengan asam lambung. Oleh karena itu jika muncul gejala tersebut berarti ada perdarahan di dalam saluran cerna. Perdarahan tersebut terjadi akibat turunnya kadar trombosit didalam darah.

Untuk pereda nyeri dan pereda demam mana yang lebih baik Apakah Parasetamol atau Ibuprofen?

Pilihan anti demam dan anti nyeri untuk penderita DBD adalah paracetamol. Sedapat mungkin penggunaan Ibuprofen di hindari karena dapat turut berpartisipasi terhadap resiko perdarahan.

Bagaimana sejarah virus dengue?

Virus dengue awalnya hanya mengenai spesies kera. Tapi diperkirakan sekitar 300 sampai 800 sebelum masehi virus ini mulai menginfeksi manusia. Virus dengue awal mulanya berasal dari Afrika dan kini menyebar hampir ke semua benua terutama ke negara-negara tropis dan subtropis.

Berbeda dengan malaria virus dengue tidak hanya menyerang orang-orang di pedesaan tapi juga lebih banyak menyerang orang-orang yang tinggal di perkotaan di pemukiman padat.

Kenapa dokter sering keliru mendiagnosis dengue dengan penyakit tipes, radang tenggorokan, atau penyakit lainnya?

Pada tahap awal perjalanan penyakit DBD gejala yang paling menonjol adalah demam dan sakit kepala terutama pada hari pertama sampai ketiga. Oleh karena gejala tersebut mempunyai banyak kemiripan dengan gejala penyakit lain maka DBD sering salah didiagnosis. Baru beberapa hari setelahnya ketika kadar trombosit turun dan gejala-gejala lain seperti bintik merah muncul diagnosis DBD dapat ditegakkan.

Betulkah DBD kadang-kadang tidak bergejala?

Betul sekali, tidak memberikan gejala apapun alias asimtomatik. Jadi pada hampir 80% kasus. Penderita sendiri biasanya tidak menyadari bahwa di dalam tubuhnya sedang beraksi virus dengue.

Apa nama ilmiah virus penyebab DBD?

Nama ilmiah virus penyebab DBD adalah virus dengue. Hanya satu kata. Penamaan virus tidak menganut sistem binomial seperti halnya pada penamaan bakteri atau hewan serta tumbuhan. Pengklasifikasian virus biasanya berdasarkan materi genetiknya. Untuk virus dengue klasifikasinya adalah virus RNA strand positif. Virus dengue termasuk ke dalam genus flavivirus dan famili flaviviridae.

Apakah betul jus jambu dapat meningkatkan trombosit?

Banyak klaim bahwa jus jambu dapat menaikkan jumlah trombosit. Tapi klaim ini perlu dibuktikan secara ilmiah mengenai kebenarannya. Terlepas bisa tidaknya meningkatkan trombosit minum jus jambu dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengganti cairan yang hilang dari pembuluh darah.

Apakah orang yang kena DBD dapat terkena kembali di masa yang akan datang?

Walaupun orang yang terkena infeksi salah satu serotype dengue, misalnya serotype 1 maka orang tersebut akan kebal seumur hidupnya terhadap serotipe 1. Tetapi jika di kemudian hari terinfeksi serotipe yang lain misalnya serotipe 3 maka orang tersebut dapat kembali menderita penyakit DBD.

Apa beda sakit kepala pada DBD dengan sakit kepala pada penyakit lain?

Sakit kepala pada penyakit dengue biasanya ditandai oleh rasa nyeri yang hebat di belakang mata. Bahasa medisnya adalah nyeri Retro orbital.

Apa saja pemeriksaan laboratorium untuk penyakit DBD?

Pada pemeriksaan darah lengkap ditemukan kadar trombosit turun sedangkan kadar leukosit biasanya tidak terpengaruh. Selain itu nilai hematokrit terus meningkat akibat darah mengalami pengentalan.

Uji laboratorium lain yaitu pemeriksaan protein ns1 menggunakan uji cepat. Protein ns1 adalah protein yang dilepaskan oleh virus dalam jumlah cukup besar selama masa infeksi. Jika protein ini terdeteksi oleh rapid diagnostic test maka dapat disimpulkan bahwa sedang terjadi infeksi di dalam tubuh.

Uji laboratorium lain yang berbentuk uji cepat yaitu uji antibodi IgM dan IgG. Uji ini berbeda dengan ns1 yang mendeteksi protein virus, uji IgM dan IgG berfungsi untuk mendeteksi antibodi yang diproduksi tubuh dalam melawan virus. Oleh karena itu pemeriksaan IgM dan IgG biasanya baru memberikan hasil positif setelah beberapa hari infeksi.

Apa manfaat pengasapan atau fogging?
Tujuan pengasapan atau fogging adalah untuk membunuh nyamuk dewasa. Biasanya dilakukan di sekitar rumah yang sedang menderita DBD. Belakangan diketahui bahwa fogging kurang efektif karena banyak nyamuk yang sudah kebal terhadap insektisida yang digunakan pada fogginh. Selain itu nyamuk dewasa yang mati pada saat purging akan segera digantikan oleh nyamuk lain yang baru saja menetas dari telur yang tidak mati saat fogging.

Betulkah juru pemantau jentik (jumantik) atau juru pembasmi jentik (jurbastik) dapat menurunkan angka kasus DBD?

Betul sekali para jumantik Jika bekerja dengan benar sesuai dengan petunjuk maka dapat menurunkan populasi nyamuk aedes dan selanjutnya menurunkan angka kasus DBD. Hanya saja pemantauan jentik harus dilakukan secara rutin setiap minggu dan harus teliti menyasar tempat-tempat yang dicurigai berisi air yang potensial menjadi tempat perindukan nyamuk aedes.

Apa ciri-ciri nyamuk DBD?

Ciri-ciri nyamuk DBD adalah warnanya belang hitam dan putih. Selain itu bentuknya agak kecil dan menggigitnya tidak terasa. Nyamuk ini suka menggigit beberapa orang sebelum betul-betul kenyang.

Berapa lama umur nyamuk DBD?

Berapa jauh kemampuan terbang nyamuk DBD?

Dimana saja nyamuk DBD bertelur?

Nyamuk DBD sangat suka bertelur di penampungan air yang jernih. Misalnya bak mandi tempayan kaleng-kaleng bekas yang berisi air dan sebagainya. Nyamuk juga bisa bertelur di pelepah pohon misalnya pohon pisang. Selain itu yang sering luput dari pengamatan adalah air penampungan dispenser juga dapat menjadi tempat bertelur nyamuk aedes.

Apakah penderita DBD harus dirawat di rumah sakit?

Tidak semua penderita DBD harus dirawat di rumah sakit. Penderita yang dirawat biasanya yang tidak bisa minum, tambah setnya turun drastis atau muncul manifestasi perdarahan, pusing pusing dan tekanan darah turun. Jika terjadi hal Demikian maka segera bahwa penderita ke rumah sakit.

Bagaimana cara agar penderita DBD tidak menularkan penyakitnya?

Penderita DBD yang sudah positif ada virus di dalam tubuhnya sebaiknya dicegah untuk digigit nyamuk. Caranya bisa dengan menggunakan kelambu atau menggunakan repellent alias lotion anti nyamuk.

Apa ciri ciri gigitan nyamuk DBD?

Ciri-ciri gigitan nyamuk DBD biasanya tidak khas. Tidak boleh lebih gatal atau lebih berbentuk dibandingkan gigitan nyamuk lainnya. Bahkan kadang-kadang bekas gigitannya sangat samar dan tidak terasa. Sehingga seseorang mungkin tidak sadar bahwa sudah digigit nyamuk DBD.

Mengapa vaksin atau imunisasi DBD belum ada?

Vaksin atau imunisasi DBD sampai saat ini belum ada yang digunakan secara luas. Salah satu kesulitan dalam mendapatkan vaksin DBD adalah virus ini terdiri dari empat jenis atau empat serotype.