SUNTIK KB 3 BULAN

Suntik KB 3 bulan disebut juga dengan suntikan depo provera. Suntikan ini dapat mencegah kehamilan selama tiga bulan lamanya sejak disuntikkan.

Setelah disuntikkan hormon progestin akan menumpuk di dalam otot bokong. Lalu perlahan-lahan akan masuk ke dalam darah sedikit demi sedikit. Tidak sekaligus. Lamanya mencapai 3 bulan bahkan lebih. Itulah sebabnya kenapa suntikan KB ini mempunyai jangka waktu masa kerja 3 bulan.

Hormon yang masuk ke dalam darah mencegah kehamilan dengan cara mengentalkan lendir mulut rahim, dengan demikian sperma sulit melewatinya. Selain itu hormon juga mencegah terjadinya pematangan dan pelepasan sel telur oleh indung telur atau ovarium.

Apa keuntungan dari KB suntik 3 bulan?

KB suntik cukup aman dan gampang digunakan. KB ini memberikan perlindungan terhadap kehamilan hingga 3 bulan. Beberapa hal yang menjadi keuntungan KB suntik antara lain antara lain mencegah kanker rahim, tidak perlu makan pil setiap hari, tidak mengandung estrogen yang dapat mengganggu proses menyusui, meningkatkan hubungan suami istri karena tidak perlu persiapan yang agak ribet, tidak perlu persiapan khusus ketika ingin melakukan hubungan.

Apa kerugian dari penggunaan KB suntik?

Sebagian besar wanita menggunakan KB suntik dengan aman dan tanpa keluhan. Walaupun demikian karakteristik tubuh wanita untuk setiap orangnya berbeda oleh karena itu ada sebagian kecil yang akan merasakan efek samping yang tidak diinginkan. Efek samping tersering dari KB suntik 3 bulan adalah perdarahan atau menstruasi tidak teratur. Kondisi ini biasanya terjadi pada 6 sampai 12 bulan pertama penggunaan.

Karakteristik menstruasi pada KB suntik antara lain bisa lebih ringan atau lebih sedikit, atau sebaliknya lebih berat dan lebih panjang, atau timbul perdarahan bercak di antara dua periode menstruasi.

Beberapa wanita menduga karena dia tidak mendapatkan menstruasi dia sedang hamil. Walaupun demikian tidak mendapatkan haid pada penggunaan KB suntik 3 bulan adalah hal yang lumrah. Oleh karena itu jika cara penggunaan dan jadwal penyuntikan nya benar maka jangan khawatir. Metode ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan.

Beberapa efek samping lainnya yang lebih jarang terjadi :
• Bengkak pada payudara
• Sakit kepala
• Muntah
• Depresi
• Perubahan hasrat
• Peningkatan rambut pada tubuh atau wajah
• Naiknya berat badan atau meningkatkan nafsu makan

Efek samping tersebut di atas tidak dapat dihindari pada metode ini. Efek samping tersebut akan terus terjadi selama 12 minggu tapi semakin hari semakin berkurang. Walaupun demikian jika mulai suntik berikutnya maka efek samping akan terjadi lagi.

Selain efek samping ringan dapat pula terjadi efek samping yang lebih berat. Jika terjadi efek samping berat segera kontak dokter terdekat atau berkonsultasi dengan puskesmas atau rumah sakit.
• mata kuning atau kulit kuning
• timbul migrain yang didahului oleh aura
• pada benjolan baru pada payudara
• depresi berat
• munculnya re atau nanah atau perdarahan pada tempat suntikan

Seberapa efektifkah KB suntik 3 bulan?

Jika KB ini digunakan secara benar dan konsisten setiap tiga bulan, maka efektifitasnya melindungi terhadap kehamilan mencapai 99%.  Artinya kurang dari 1 orang wanita di antara 100 akan mengalami kehamilan yang tak direncanakan setiap. Tetapi jika tidak konsisten dan sering terlambat maka tingkat kegagalannya naik menjadi 6 orang per 100 wanita per tahun akan mengalami kehamilan.

Setelah disuntikkan KB suntik butuh waktu beberapa hari baru dapat bekerja sesuai dengan harapan oleh karena itu 7 hari pertama harus memakai perlindungan tambahan.

Setiap suntikan akan melindungi anda selama 12 minggu, oleh karena itu pastikan setelah 12 minggu anda mengunjungi petugas kesehatan untuk mendapatkan suntikan berikutnya. Jika waktu suntikan lewat dari dua minggu atau lebih maka anda harus menjalani uji kehamilan.

Seberapa aman KB suntik 3 bulan ini

Jenis KB ini sangat aman. Tetapi seperti halnya metode KB yang lain tetap ada perkecualian. Jangan gunakan KB ini jika anda mempunyai riwayat  tulang keropos,  kanker payudara, hamil, dalam masa pengobatan Cushing sindrom.

Jika anda mengalami hal tersebut di atas konsultasikan dengan dokter anda untuk mendapatkan metode KB yang lain yang cocok untuk anda.