PEMERIKSAAN PAP SMEAR

Apa pengertian pap smear?

Pap smear adalah pemeriksaan sel mulut rahim menggunakan mikroskop untuk mendeteksi adanya kanker mulut rahim.

Apa tujuan pap smear?

Tujuan pap smear adalah menemukan secara dini sel-sel abnormal yang berpotensi berkembang menjadi sel kanker di kemudian hari. Dengan terapi yang tepat sel-sel tersebut tidak akan sempat berubah menjadi ganas.

Siapa saja yang bisa menjalani pap smear?

Mereka yang bisa menjalani pap smear adalah para perempuan yang berusia sekitar 21 tahun ke atas dan sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Apakah pap smear cukup dilakukan satu kali saja?

Tidak. Pap smear harus dilakukan secara rutin. Bagi perempuan berusia antara 21 sampai 65 tahun dianjurkan untuk menjalani pap smear setiap 3 tahun.

Tetapi jika punya faktor resiko maka pemeriksaan pap smear bisa lebih sering lagi ini soalnya setiap tahun. Faktor resiko itu berupa hasil pemeriksaan pap smear sebelumnya menunjukkan adanya sel-sel pra kanker. Selain itu mempunyai riwayat infeksi HIV dan pelemahan sistem pertahanan tubuh misalnya pada kemoterapi atau penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka waktu lama.

Apakah orang yang sudah menjalani histerektomi atau operasi pengangkatan rahim tetap harus pap smear?

Jika operasi pengangkatan rahim karena sebab selain kanker misalnya adanya mioma dalam uterus maka pap smear dapat dihentikan. Tetapi jika histerektomi dilakukan karena adanya kanker atau sel prakanker maka dianjurkan untuk melanjutkan pap smear secara rutin.

Apakah orang tua yang berusia 65 tahun ke atas masih perlu pap smear?

Jika pada pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya menunjukkan hasil normal maka tidak perlu lagi. Tetapi jika pernah mempunyai hasil yang abnormal silakan konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan untuk melanjutkan pap smear rutin.

Apakah hasil pemeriksaan pap smear dapat diandalkan untuk mendeteksi kanker serviks?

Ya dapat diandalkan, tapi tidak 100%. Masih ada kemungkinan memberikan hasil negatif palsu. Hasil negatif palsu adalah hasil pemeriksaan menunjukkan negatif tapi sebenarnya di permukaan mulut rahim terdapat sel-sel prakanker. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya hasil negatif palsu antara lain adalah pengambilan sampel kurang dari seharusnya, sel yang abnormal sangat sedikit jumlahnya, dan adanya sel radang serta darah yang mengaburkan pemeriksaan.

Apa saja persiapan dan syarat pemeriksaan pap smear?

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum menjalani pemeriksaan agar hasil yang diperoleh benar-benar tepat adalah:

Hindari berhubungan, mencuci V atau menggunakan obat-obat ke dalam V, minimal dua hari sebelum hari pemeriksaan.

Hindari melakukan pemeriksaan pada saat menstruasi.

Bagaimana langkah-langkah pemeriksaan pap smear?

Pap smear biasanya dilakukan di tempat praktek dokter atau klinik atau rumah sakit.

Ibu diminta untuk membuka pakaian terutama pakaian bagian bawah.

Ibu diminta berbaring terlentang pada meja pemeriksaan. Kedua kaki diletakkan pada penyangga yang agak tinggi yang disebut stirrup.

Dokter akan memasukkan sebuah alat yang disebut spekulum dengan perlahan-lahan ke dalam V. Spekulum akan meregangkan dinding V sehingga dokter dapat melihat mulut rahim dengan leluasa. Masuknya spekulum biasanya akan terasa ada tekanan pada panggul.

Dokter kemudian mengambil sampel sel dari permukaan mulut rahim menggunakan sikat kecil atau spatula.

Apakah pap smear itu sakit?

Prosedur pap smear biasanya tidak ada rasa sakit atau nyeri. Kadang-kadang ada beberapa orang wanita ada rasa tidak nyaman.

Apakah setelah pemeriksaan pap smear ibu boleh pulang?

Ya Ibu boleh langsung pulang setelah pemeriksaan.

Apakah boleh berhubungan seksual setelah melakukan pemeriksaan pap smear?

Ya boleh-boleh saja.

Sampel yang diambil akan diapakan?

Sampel yang diambil dari permukaan mulut rahim diapuskan ke permukaan kaca kecil. Kaca tersebut kemudian dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan menggunakan mikroskop. Dokter pemeriksa biasanya adalah spesialis patologi anatomi.

Berapa lama hasil pemeriksaan baru diketahui?

Hasil pemeriksaan sangat tergantung dari banyaknya sampel yang masuk ke laboratorium. Unit laboratorium biasanya melakukan sistem antrian. Kadang-kadang butuh waktu 3 hari sampai 2 minggu baru hasil bisa diperoleh.

Bagaimana jika hasil pemeriksaan nya normal?

Jika hasil pemeriksaan pap smear normal maka tidak perlu tindakan lebih lanjut. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ulangan 3 tahun yang akan datang.

Bagaimana jika hasil pemeriksaannya abnormal?

Pemeriksaan yang abnormal atau positif bukan berarti Ibu pasti menderita kanker mulut rahim. Interpretasi hasil positif sangat tergantung dengan tipe sel yang ditemukan. Ada perubahan sel yang tidak berpotensi menjadi kanker Tetapi ada juga perubahan sel yang berpotensi menjadi kanker. Dokter biasanya akan menjelaskan kepada ibu.

Pada hasil positif biasanya ada tindakan lanjutan. Dokter akan melakukan pemeriksaan kolposkopi, yaitu pemeriksaan menggunakan kaca pembesar untuk menelisik lebih rinci lagi sel dan jaringan di permukaan serviks. Jika diperlukan dokter akan melakukan biopsi atau pengambilan sedikit sampel dari bagian-bagian yang tampaknya memiliki kelainan. Sampel tersebut dikirim ke laboratorium untuk analisis dan diagnosis yang lebih pasti lagi.

Apa hubungan kanker serviks dengan virus HPV?

Virus HPV menginfeksi sel sel di permukaan mulut rahim. Beberapa sel kemudian berubah perilakunya menjadi tidak terkendali. Sel-sel tersebut kemudian membelah terus-menerus tanpa berhenti. Sel inilah yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

Apa saja gejala kanker serviks?

Pada awal awal kanker serviks tidak bergejala. Setelah cukup parah baru timbul gejala berupa perdarahan diluar haid, keputihan berlebihan, dan ada rasa nyeri. Selain itu bisa muncul perdarahan setelah hubungan.

Apakah pap smear ditanggung BPJS?

Ya ditanggung asalkan bukan atas permintaan sendiri. Tetapi ada rujukan dari dokter BPJS.

Berapa biaya pap smear?

Biaya pap smear berbeda-beda untuk setiap tempat dan setiap pemeriksa. Tapi umumnya sekitar 300 ribu sampai dengan 1 juta.