HIPERPIREKSIA (HYPERPYREXIA)

Apa pengertian hiperpireksia?


Hiperpireksia adalah kondisi dimana suhu tubuh sangat panas yaitu di atas 41,1 derajat Celcius. Dalam bahasa inggris hiperpireksia ditulis hyperpyrexia.

Hiperpireksia adalah penyakit apa?


Hiperpireksia bukanlah sebuah penyakit tapi merupakan gejala dari suatu penyakit. Ada banyak penyakit yang dapat menyebabkan hiperpireksia antara lain penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Hiperpireksia merupakan kedaruratan medis yang harus ditangani segera.

Bagaimana proses hiperpireksia terjadi?


Pada hiperpireksia, otak memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhu dan kemudian tubuh memenuhi permintaan tersebut. Otak mengeluarkan perintah tersebut sebagai efek adanya infeksi atau cedera pada tubuh.

Apa perbedaan hiperpireksia dengan hipertermia?


Hiperpireksia berbeda dengan hipertermia. Pada hipertermia kenaikan suhu tubuh tidak dikontrol oleh otak. Kenaikan suhu tubuh terjadi akibat respon terhadap lingkungan yang sangat panas.

Apa penyebab hiperpireksia?


Penyebab hiperpireksia yang paling sering adalah infeksi virus dan bakteri. Penyebab hiperpireksia lainnya adalah perdarahan di dalam otak, sepsis atau infeksi, proses pembiusan, dan penyakit Kawasaki.

Apa saja gejala hiperpireksia?


Gejala hiperpireksia berbeda untuk setiap orang tergantung dari berat dan jenis penyebabnya. Pada tahap awal gejala yang mungkin timbul antara lain kehausan, keringat berlebihan, pusing, kram otot, letih, rasa melayang, dan mual.

Jika hiperpireksia terus berlarut maka akan timbul gejala-gejala lain yang lebih buruk. Misalnya sakit kepala bingung kulit pucat dan lembab, muntah kencing kurang atau tidak bisa kencing sama sekali.

Jika suhu naik terus maka dapat terjadi pingsan, nafas cepat kulit kering, dan kemerahan, nadi cepat dan lemah, pupil melebar serta kejang. Jika tidak diatasi dapat berakibat fatal bagi jiwa penderitanya.

Bagaimana pengobatan hiperpireksia?


Penyebab hiperpireksia harus ditemukan kemudian diobati dengan cepat dan tepat. Jika pengobatan berhasil maka suhu tubuh akan turun.

Selain mengobati penyebab munculnya hiperpireksia, perlu dilakukan tindakan terhadap hiperpireksianya sendiri. Tindakan tersebut antara lain:

Memandikan dengan air dingin atau mengompres dengan air dingin pada permukaan kulit.

Memberi asupan cairan yang cukup baik dengan cara diminum langsung maupun melalui infus.

Memberi obat obat penurun panas misalnya paracetamol atau metampiron.

Apa saja komplikasi hiperpireksia?


Hiperpireksia yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen bahkan kematian. Meskipun hal ini jarang terjadi. Sebagian besar penderita sembuh dan kembali normal.