Bagaimana cara penularan chikungunya terjadi?

Penularan chikungunya terjadi melalui perantaraan nyamuk. Ada dua jenis nyamuk yang terlibat yaitu Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Loh kok sama dengan nyamuk penular demam berdarah dengue?

Betul sekali nyamuk penular demam berdarah dengue sama dengan nyamuk penular chikungunya. Juga sama dengan nyamuk penular penyakit Zika.

Cara penularan chikungunya adalah nyamuk aedes menggigit penderita chikungunya. Virus chikungunya yang ada dalam tubuh penderita Akan berpindah seiring dengan hisapan darah ke dalam tubuh nyamuk. Virus chikungunya kemudian berkembang biak di dalam tubuh nyamuk lalu menyebar sampai ke kelenjar liur nyamuk. Ketika nyamuk yang sudah mengandung virus chikungunya menggigit orang sehat maka virus akan masuk ke dalam tubuh orang sehat tersebut. Virus chikungunya lalu berkembang biak sehingga orang yang sebelumnya sehat menjadi sakit. Tidak hanya itu orang tersebut juga bertindak sebagai sumber penularan bagi orang lain di sekitarnya.

Mengapa nyamuk aedes sangat efektif menularkan penyakit chikungunya? Karena Nyamuk ini suka menggigit beberapa kali orang yang berbeda-beda. Dengan demikian memudahkan perpindahan virus chikungunya dari orang yang satu ke orang yang lainnya.